Kartel Bawang Putih Akan Dihukum Berat Jika Terbukti Mainkan Harga

Kompas.com - 26/05/2017, 15:12 WIB
|
EditorAprillia Ika

MEDAN, KOMPAS.com - Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) mulai menggeliat di kisaran rata-rata Rp 52.000 per kilogram (kg) hingga mencapai Rp 60.000 per kg.

Sementara harga normal bawang putih menjelang puasa di kisaran Rp 45.000 per kg.

Temuan kenaikan harga itu didapatkan oleh Kantor Perwakilan Daerah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan. Kepala KPPU Medan, Abdul Hakim Pasaribu mengatakan, kartel bawang putih bisa dihukum berat jika terbukti melakukan permainan harga.

"(Kenaikan harga) Tidak wajar dan jadi pertanyaan kalau harga naik padahal barang ada. Di tingkat konsumsi juga belum terjadi peningkatan karena belum masuk puasa," kata Abdul, Jumat (26/5/2017).

KPPU Medan sudah melakukan pengecekan di beberapa pedagang besar. Menurutnya, para pedagang beralasan harga mahal karena minimnya stok dan mahalnya harga beli dari importir.

Abdul mengatakan, jika ada pelaku usaha yang mempermainkan harga bisa dicabut izin usahanya dan pelaku dibawa ke ranah hukum.

"Kami bisa turun melalui kewenangan kami dan melakukan penegakan hukum. Kita akan limpahkan kasusnya ke polisi karena melakukan penimbunan. Kalau dilakukan bersama-sama, ini kartel namanya," pungkas Abdul.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin yang juga menjabat sebagai Dewan Ketahanan Pangan Kota Medan juga meninjau dua pasar tradisionial yakni Pasar Muara Takus di Jalan Muara Takus dan Pasar Sei Sikambing di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kota Medan.

Dari hasil pantauan Eldin, beberapa pedagang cenderung memanfaatkan momen Ramadhan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

Misalnya, salah seorang pedagang sayur di pasar Muara Takus menjual bawang putih sebesar Rp 60.000 per kg, padahal harga seharusnya Rp 45.000 per kg.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.