532 Pesawat Akan Layani Penerbangan Selama Arus Mudik dan Arus Balik

Kompas.com - 26/05/2017, 17:33 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 532 pesawat dari seluruh maskapai se-Indonesia akan melayani penerbangan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2017.

Saat ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengebut penyelesaian uji kelaikan atau ramp check pesawat-pesawat tersebut.

"Kami sudah mengadakan ramp check untuk sekitar 510 pesawat. Jadi tinggal sisa 22 pesawat yang mungkin akan kami adakan ramp check hari ini atau besok," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, kepada wartawan, di Gedung Airnav, Tangerang, Banten, Jumat (26/5/2017).

Dia menargetkan, seluruh pesawat tersebut telah melalui ramp check saat memasuki bulan Ramadhan. Nantinya, pesawat yang dapat melayani penerbangan adalah pesawat yang lulus uji kelaikan dan perawatan.

"Jadi, ramp check ini mencocokkan dan juga memberikan beberapa koefisien terhadap beberapa material maupun komponen-komponen yang kami check. Kemudian kami berikan suggest kepada maskapai untuk sgera bisa memperbaiki, supaya bisa memberikan jaminan keselamatan dan keamanan penerbangan pada arus mudik nantinya," kata Agus.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia Novie Riyanto menjelaskan instansinya akan memaksimalkan kinerja selama arus mudik dan balik Lebaran 2017. Sebanyak 3.400 pegawai dikerahkan selama masa tersebut.

"Pegawai diupayakan tidak ada yang off. Kemudian kami akan memaksimalkan, mulai dari pengaturan take off, landing, slot, kami gunakan peralatan yang maksimal," kata Novie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.