Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Ramadhan BI Bengkulu Siapkan Uang Rp 1,8 Triliun

Kompas.com - 29/05/2017, 11:34 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) perwakilan Bengkulu menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 1,85 triliun, selama Ramadhan dan lebaran 2017.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan hal tersebut telah diatur berdasarkan kebutuhan masyrakat Bengkulu.

"Diperkiraan permintaan masyarakat di Provinsi Bengkulu terhadap uang tunai selama ramadhan dan lebaran tahun ini sekitar Rp 1.85, triliun,” kata Endang, Senin (29/5/2017).

Ia mengatakan setiap kali momen Ramadhan dan Lebaran, transaksi ekonomi mengalami peningkatan signifikan dan mempengaruhi perputaran uang.

Seperti tahun sebelumnya yang berbarengan dengan distribusi gaji ke-13 dan ke-14. Sehingga tahun 2016 BI menyiapkan uang tunai Rp 2,28 triliun.

Agar peredaran uang berjalan lancar dan stabil, pihaknya menyiapkan uang tunai sesuai dengan proyeksi kebutuhan. Sementara itu untuk meningkatkan pelayanan penukaran uang, Bank Indonesia menjalin kerjasama dengan Bank Umum.

"Kami menjalin kerja sama dengan bank umum untuk menganstisipasi terjadinya antrian panjang seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya.

Ia menambahkan momen Ramadhan dan Lebaran tahun ini pun digunakan untuk mengumpulkan uang emisi lama dengan cara menukarnya dengan rupiah emisi baru.

"Kami menyiapkan uang emisi baru sebanyak 75 persen dari semua uang tunai yang kita siapkan," demikian Endang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com