Harga Bawang Putih di Jakarta Bervariatif

Kompas.com - 29/05/2017, 15:54 WIB
Harga Bawang Putih masih bervariatif di Jakarta, seperti di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan mencapai Rp 35.000 per kilogam, dan di Pasar Minggu mencapai Rp 60.000 per kilogram, Senin (29/5/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOHarga Bawang Putih masih bervariatif di Jakarta, seperti di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan mencapai Rp 35.000 per kilogam, dan di Pasar Minggu mencapai Rp 60.000 per kilogram, Senin (29/5/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bawang putih di wilayah Ibukota Jakarta masih bervariatif tergantung jenis dan lokasi pasar.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) bawang putih maksimal Rp 38.000 per kilogram. Hal ini dilakukan guna menekan harga bawang putih yang terus merangkak naik.

Seperti pantauan Kompas.com, di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, harga bawang putih dipedagang eceran mencapai Rp 60.000 per kilogram atau melebihi kebijakan HET bawang putih pemerintah.

Suryani (46) salah satu pedagang sayur eceran di Pasar Minggu mengatakan, harga bawang putih mencapai Rp 60.000 untuk jenis bawang putih biasa. Harga tersebut bertahan dari mulai sebelum datangnya bulan Ramadhan hingga saat ini.

" Bawang putih biasa Rp 60.000 per kilogram," ujar Suryani kepada Kompas.com, Senin (29/5/2017).

Dia menambahkan, agar tidak memberatkan konsumen dalam membeli bawang putih, para pedagang membuat kemasan-kemasan eceran kecil bawang putih.

"Ini makanya saya buat kemasan-kemasan kecil, soalnya orang enggak beli satu kilo, ada yang seperapat, ada yang setengah kilo, jadi tergantung maunya orang beli," jelasnya.

Kemudian di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan, harga bawang putih biasa mencapai Rp 35.000 per kilogram.

Rohmat (48) salah satu pedagang sayur mayur di Pasar Pondok Labu mengatakan, dirinya menjual dua jenis bawang putih, yakni jenis kating dan jenis biasa.

"Bawang putih jenis kating Rp 70.000 per kilogram, kalau yang biasa Rp 35.000 per kilogram," ujar Rohmat kepada Kompas.com.

Menurut Rohmat, bawang putih jenis kating dari sisi harga memang lebih mahal karena bawang putih tersebut dinilai lebih memiliki kualitas mulai dari aroma yang beberda dengan bawang putih biasa, hingha membuat masakan lebih nikmat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X