Harga Minyak Mentah AS Tembus 50 Dollar AS Per Barrel

Kompas.com - 30/05/2017, 09:53 WIB
THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah Amerika Serikat menembus level 50 dollar AS per barrel pada Selasa (30/5/2017).

Ini sejalan dengan permulaan periode musim panas di AS yang mengindikasikan kuatnya permintaan bahan bakar minyak (BBM) dalam beberapa bulan ke depan.

Mengutip Reuters, permintaan BBM di AS seperti bensin untuk mobil dan solar untuk bus cenderung meningkat secara signifikan sejalan dengan liburan musim panas. Selama periode itu, warga AS berkendara dengan mobil atau bus untuk mengunjungi keluarga dan kerabat.

Harga indeks acuan minyak AS West Texas Intermediate (WTI) CLc1 melonjak ke atas 50 dollar AS pada sesi awal perdagangan. Namun, akhirnya ditutup pada leval 49,497 dollar AS per barrel, naik 17 sen dari penutupan sebelumnya.

"Dimulainya musim berkendara di AS mendorong keyakinan di pasar bahwa pasokan akan mulai turun dalam beberapa pekan ke depan," tulis ANZ Bank dalam analisisnya.

Sementara itu, indeks acuan harga minyak Brent berada pada level 52,26 dollar AS per barel. Angka ini naik 3 sen dibandingkan pada penutupan sebelumnya.



EditorBambang Priyo Jatmiko
SumberReuters

Close Ads X