Susi: Pemberantasan "Illegal Fishing" Jadi "Go Internasional"

Kompas.com - 01/06/2017, 13:41 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengklaim kebijakannya mengenai pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal (Illegal Fishing) dapat dukungan dari beberapa negara luar.

Bahkan, beberapa negara luar akan menyontek kebijakan Menteri Susi tersebut. 

Pemilik maskapai Susi Air ini mengatakan, beberapa negara tersebut juga mendukung Illegal Fishing menjadi kejahatan organisasi transnasional.

Saat ini terdapat 10 negara yang mendukung kebijakan Menteri asal Pangandaran tersebut. 

"Beberapa negara, kurang lebih 10 (negara) dukung kita. Jadi harapan banyak. Kalau masuk dalam kategori kejahatan teroganisir ini bisa membantu negara kecil lainnya mengatasi permasalahan Illegal Fishing," ujar Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Rabu (31/5/2017). 

Menteri Susi mengungkapkan, salah satu negara yang mendukung kebijakannya yakni, Maroko. Menurut dia, Maroko mempunyai permasalahan yang sama yakni, Illegal Fishing

Selain itu, kata dia, Canada juga berkomitmen untuk mendukung kebijakan illegal fishing. Tidak hanya itu, bahkan negara yang tidak mempunyai pantai seperti Slovakia mendukung kebijakan Susi menjadi kejahatan organisasi transnasional.

"Mereka sama-sama berjuang untuk menyelesaikan permasalahan illegal fishing. Slovakia karena land lock tidak punya pantai, tetapi dia akan mendukung, resolusi yang akan kita ajukan, illegal fishing jadi transnational organized crime," jelas dia. 

Menteri Susi menambahkan, pihaknya akan membawa kebijakannya ke dalam Kongres Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) untuk menambah dukungan dari negara-negara lainnya.

Sehingga, ambisi Menteri Susi menjadikan illegal fishing sebagai kejahatan organisasi transnasional dapat terwujud. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.