Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed Beri Sinyal Naikkan Suku Bunga Bulan Ini

Kompas.com - 02/06/2017, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Bank sentral AS Federal Reserve memberikan sinyal kuat terkait kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate pada bulan Juni 2017 ini. The Fed juga menyiratkan bakal segera memangkas kepemilikan obligasi sebesar 4,5 triliun dollar AS.

Mengutip Reuters, Jumat (2/6/2017), sinyal tersebut dilempar The Ged meski ada perkiraan pelemahan inflasi.

Gubernur The Fed Jerome Powell menyatakan, ekonomi AS dalam kondisi sehat dan bank sentral harus terus melakukan langkah normalisasi setelah hampir satu dekade berada dalam fase stimulus era krisis.

"Kinerja pasar tenaga kerja dapat berdampak pada percepatan langkah pengetatan, inflasi berada di bawah target selama 5 tahun dan bergerak lambat menuju 2 persen," ujar Powell.

Menurut dia, jika kinerja ekonomi sesuai ekpektasi, maka ia berpandangan cukup masuk akal apabila The Fed menaikkan suku bunga acuan. The Fed akan melakukan pertemuan pada 13 dan 14 Juni 2017 mendatang.

Prediksi yang muncul adalah The Fed bakal menaikkan suku bunga untuk ketiga kalinya dalam enam bulan. Powell sendiri mengekspektasikan The Fed menaikkan suku bunga sebanyak tiga kali tahun ini.

"Saya dapat melihat beberapa kali kenaikan, yang pada dasarnya totalnya adalah tiga kali," tutur Powell.

(Baca: The Fed Segera Naikkan Suku Bunga, Wall Street Ditutup Naik)

Kompas TV Bukan cuma memberi sinyal menaikkan bunga, sejumlah ekonom sudah memprediksi The Fed akan 4x menaikkan suku bunga sepanjang tahun 2017. Bagaimana pengaruhnya ke pada ekonomi Indonesia dijabarkan oleh ekonom Bank DBS Gundy Cahyadi dalam tayangan Kontan TV berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com