Mentan Percepat Target Swasembada Bawang Putih Jadi 2019

Kompas.com - 05/06/2017, 16:02 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan swasembada bawang putih dapat tercapai pada 2019 mendatang.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, semula swasembada bawang putih ditargetkan akan tercapai pada tahun 2033. Namun melihat perkembangan gejolak harga bawang putih yang terjadi belakangan ini, pemerintah pun mempercepat target swasembada komoditas tersebut.

"Insya Allah tahun 2019, paling lambat 2020 sudah swasembada. Kami percepat 13 tahun," papar Amran di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (5/6/2017).

Guna mewujudkan hal tersebut, pemerintah akan menyediakan luas lahan bawang putih sebanyak 60.000 hektar. "Hanya butuh 60 ribu hektar lahan untuk swasembada (bawang putih). Pasti bisa," tegasnya.

Amran tak menampik, saat ini Indonesia masih mengimpor bawang putih kurang lebih 90 persen dari kebutuhan nasional.

"Bawang putih impor 90 persen, 500.000 ton, total nilainya Rp 20 triliun. Kalau kita selesaikan 60.000 hektar, Rp 20 triliun devisa bisa kita selamatkan, dan pendapatan petani kita selamatkan juga," jelas Mentan Amran.

Mentan meminta anggaran kementeriannya ditambah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 sebesar Rp 1 triliun untuk mengejar target swasembada bawang putih pada 2019 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.