Kompas.com - 05/06/2017, 19:24 WIB
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menginginkan agar uang rupiah benar-benar berdaulat di Tanah Air. Salah satu upayanya adalah dengan memberantas peredaran uang palsu.

Karena itu BI dan Kepolisian Republik Indonesia pun bekerja sama menekan peredaran uang palsu tersebut.

"Kita betul-betul fokus memberantas uang palsu. Kami mau meyakinkan agar tidak ada uang palsu (lagi) di Indonesia," kata Agus di Markas Besar Polri, Jakarta, Senin (5/6/2017).

Menurut Agus, banyaknya uang palsu yang beredar akan menurunkan kepercayaan terhadap uang rupiah. Dampaknya, masyarakat akan lebih percaya pada mata uang asing sehingga rupiah menjadi tidak berdaulat di negeri sendiri.

"Kita ingin meyakinkan bahwa uang rupiah itu berdaulat di Indonesia. Kita tidak ingin kepercayaan masyarakat kepada uang rupiah turun. Karena uang palsu itu merugikan rakyat yang menerima," kata Agus.

"Selain itu, kita betul-betul harus komitmen, bahwa semua transaksi di NKRI harus dalam rupiah," kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.