Rekening Bisa Diintip, Perlukah Sosialisasi Masif Seperti "Tax Amnesty"?

Kompas.com - 05/06/2017, 21:47 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbankan mengakui banyak nasabah yang sempat khawatir dengan kebijakan keterbukaan akses keuangan. Hal ini terjadi lantaran belum adanya sosialisasi dari pemerintah.

Ketua Perhimpunan Bank-bank Internasional Indonesia (Perbina) Batara Sianturi menilai, kebijakan keterbukaan akses keuangan perlu disosialisasikan dengan masif. Kalau perlu, sosialisasi dilakukan seperti program tax amnesty.

"Penting sekali dilakukan sosialisasi seperti tax amnesty," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Senin (5/6/2017).

Saat tax amnesty lalu, pemerintah memang menyosialisasikan program itu dengan sangat masif. Sosialisasi dilakukan di berbagai kota di Indonesia dalam skala besar, bahkan Presiden Jokowi ikut turun tangan langsung.

Selain itu, sosialisasi tax amnesty juga masuk ke pusat-pusat perbelanjaan. Bahkan, Direktorat Jenderal Pajak menggelar diskusi terbuka dengan para pedagang.

Sementara itu Wakil Ketua Himpunan Bank Negara (Himbara) Haru Koesmahargyo mengatakan, pihaknya mendukung penuh keterbukaan akses keuangan. Sebab banyak negara sudah melalukan hal serupa.

Ia memastikan, bank-bank yang tergabung di dalam Himbara akan melakukan sosialiasi keterbukaan akses keuangan seperti sosialiasi tax amnesty lalu.

Kewenangan Ditjen Pajak mengintip rekening nasabah berlandaskan Perppu Nomor 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.