Begini Cara Foxconn Dukung Sharp Indonesia

Kompas.com - 07/06/2017, 16:46 WIB
Darius Sinathrya, duta televisi pintar (smart tv) Sharp. Untuk kelas televisi pintar ukuran 40 inci sampai dengan 60 inci, Sharp membanderol harga per unit mulai dari Rp 6 juta sampai dengan Rp 20 juta. Kompas.com/Josephus PrimusDarius Sinathrya, duta televisi pintar (smart tv) Sharp. Untuk kelas televisi pintar ukuran 40 inci sampai dengan 60 inci, Sharp membanderol harga per unit mulai dari Rp 6 juta sampai dengan Rp 20 juta.
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Foxconn Technology Group memberi dukungan bagi pengembangan bisnis televisi pintar (smart television) yang dijalankan oleh PT Sharp Electronics Indonesia (SEID). Salah satu dukungannya adalah ikut ambil bagian dalam menetapkan target penjualan televisi Sharp sebanyak 1,3 juta per tahun di Indonesia. "Ini yang sudah kami canangkan sebelumnya,"  kata National Sales Senior General Manager SEID Andy Adi Utomo, kemarin, saat peluncuran televisi pintar mulai dari ukuran 40 inci.

Lebih lanjut, Andy mengatakan bahwa pabrik Foxconn di Shenzen, China, memproduksi panel televisi LCD Sharp. Lalu, sejak setahun silam, Foxconn sudah membangun gedung pusat riset dan pembangunan (R&D). "Gedungnya hampir jadi," imbuh Andy.

Ke depan, pusat R&D itu, akan mengembangkan penelitian mengenai kebutuhan masyarakat Indonesia akan pesawat televisi. Pusat itu pun mengembangkan hal yang sama untuk masyarakat di negara-negara tempat Sharp berbisnis. "Paling besar di China," kata Andy sembari menambahkan bahwa target penjualan televisi Sharp di China hingga empat kali lipat Indonesia.

Pasar

Kompas.com/Josephus Primus Jajaran televisi pintar (smart tv) Sharp. Televisi pintar adalah pasar yang diciptakan PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) untuk membidik kelas menengah Indonesia yang kian tumbuh.

Lebih lanjut, Andy menjelaskan bahwa televisi pintar adalah pasar yang diciptakan SEID untuk membidik kelas menengah Indonesia yang kian tumbuh. Pihaknya meyakini, pasar terbaru ini akan mampu mengajak lebih banyak warga kelas menengah beranjak dari penggunaan televisi 32 inci ke ukuran lebih besar yakni 40 inci hingga 50 inci.

Kendati demikian, jelas Andy, Sharp sebelumnya memang sudah menjual televisi ukuran besar alias di atas 32 inci ke pasaran. Ukuran 40 inci hingga 50 inci adalah additional line up dari strategi penjualan televisi Sharp. "Sharp punya televisi ukuran hingga 101 inci (4K)," katanya.

Lebih lanjut, dalam kesempatan itu pula, Product Strategy Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia Andrew Gultom menjelaskan bahwa SEID mematok target penjualan 33.000 unit televisi pintar per tahun. Dari jumlah itu, target penjualan 8.000 unit untuk ukuran 45 inci, 22.000 unit untuk ukuran 50 inci, dan 3.000 unit untuk 60 inci.

Hingga kini, kontribusi penjualan televisi pintar mencapai 9 persen dari total penjualan televisi Sharp setahun silam. Menutup 2017, target itu naik antara 12 persen hingga 13 persen.

Laman media Financial Time (FT), www.ft.com, per 12 Agustus 2016 menulis bahwa Foxconn mengakuisisi Sharp Corporation dengan nilai 3,88 miliar dollar AS. Foxconn berbasis di New Taipei City, Taiwan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X