Batas Saldo di Atas Rp 1 Miliar, Tinggal 496.000 Rekening Wajib Lapor

Kompas.com - 08/06/2017, 06:15 WIB
Salah satu nasabah Bank BRI di Kota Mataram menunjukkan buku tabungan, Senin (31/10/2016). Kontributor Mataram, Karnia SeptiaSalah satu nasabah Bank BRI di Kota Mataram menunjukkan buku tabungan, Senin (31/10/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah merevisi batas minimum saldo rekening yang wajib dilaporkan ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dari Rp 200 juta menjadi Rp 1 miliar.

Dengan keputusan itu, jumlah rekening yang wajib dilaporkan hanya sekitar 496.000 rekening. Rekening tersebut tercatat memiliki saldo minimal Rp 1 miliar.

(Baca: Pemerintah Revisi Saldo Minimal Rekening Wajib Lapor Jadi Rp 1 Miliar)

 

"Atau 0,25 persen dari keseluruhan rekening di perbankan saat ini," seperti dikutip dari keterangan pers Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Jumlah rekening wajib lapor sebanyak 496.000 rekening tersebut menurun bila dibandingkan kalkulasi yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa hari lalu.

Saat batas minimal pelaporan rekening Rp 200 juta, jumlah rekening yang wajib dilaporkan mencapai 2,3 juta rekening.

(Baca: Ada 2,3 Juta Rekening di Atas Rp 200 Juta Wajib Lapor ke Ditjen Pajak)

 

Jumlah itu setara dengan 1,14 persen dari total rekening yang mencapai sekitar 200 juta rekening.

Sebelumnya, pemerintah menegaskan bahwa aturan pelaporan saldo rekening bukan berarti uang simpanan masyarakat akan dikenai pajak.

Tujuannya pelaporan saldo yaitu agar pemerintah mendapatkan informasi yang lengkap dalam menyongsong era pertukaran informasi keuangan global.

Kompas TV Ketentuan Pemerintah bagi Pemilik Saldo di atas Rp.200 Juta

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X