Dua Calon Komisioner OJK Tersisa Jalani Tes Kepatutan Hari Ini

Kompas.com - 08/06/2017, 06:25 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi XI DPR kembali menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017-2022, Kamis (7/6/2017).

Ada dua calon tersisa mereka adalah Tirta Segara dan Firmanzah. Keduanya memperebutkan satu kursi jabatan yakni Anggota OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Terkait latar belakang, Tirta Segara bukan orang yang jauh dari industri keuangan. Saat ini ia tercatat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI). Adapun Firmanzah adalah Rektor Universitas Paramadina periode 2014-2018.

Meski begitu ia juga memiliki pengalaman sebagai Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Rencananya, uji kelayakan dan kepatutan dua calon komisioner OJK ini akan dimulai pada pukul 10.00 WIB hari ini.

(Baca: "Fit and Proper Test" Calon Pimpinan OJK Dimulai Hari Ini)

 

Keputusan

Selain melakukan uji kelayakan dan kepatutan, Komisi XI DPR juga dijadwalkan akan mengambil keputusan memilih komisioner OJK Periode 2017-2022 pada malam nanti.

Dari 14 nama yang disodorkan Presiden Joko Widodo, DPR hanya akan memilih 7 orang untuk menduduki kursi pimpinan lembaga pengawas jasa keuangan itu.

Meski begitu, dinamika internal Komisi XI masih akan terjadi sehingga memungkinkan adanya keputusan lain yang akan diambil. Berikut 14 nama calon komisioner OJK Periode 2017-2022:

Calon Ketua merangkap Anggota:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.