Kompas.com - 08/06/2017, 08:39 WIB
Gedung BNI KONTAN/ Daniel PrabowoGedung BNI
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) terus melebarkan sayap dengan ekspansi ke luar negeri. Dalam hal ini, bank pelat merah ini berencana membuka pasar di Malaysia dan Australia. 

Direktur Keuangan dan Risiko Kredit BNI, Rico Rizal Budidarmo, saat ini perseroan sedang melakukan penjajakan, apakah membuka cabang atau lebih dari satu bank.  

Menurut dia, ekspansi ke Malaysia untuk mendukung nasabah asal Indonesia dalam hal perbankan yang mana banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Jiran tersebut.

"Nasabah kita yang memiliki bisnis di sana. Kalau di Malaysia banyak yah, kemudian di tenaga gabungan, dan tenaga pekerja skill ahli yang ada di sana. Bentuknya kita lihat dulu seperti apa, kalau subsidiaries lebih dari satu cabang, apakah sendirian juga," ujar Rico, saat ditemui di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Selain itu, terang Rico, untuk di Australia perseroan akan menyasar pada masyarakat yang sedang melakukan pendidikan di Negeri Kangguru. 

"Kita lebih kepada potensinya. Bisnis remitensi Hongkong dan Malaysia. Itu penting dan sekarang banyak yang mendominasi pendapatan kita dari dollar AS," jelas dia.  

Rico pun menambahkan, sebelum ekspansi ke kedua negara tersebut, perseroan juga akan melihat profit atau tidak jika membuka cabang di kedua negara tetangga tersebut.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi itu yang harus diingatkan dalam kita membuka cabang," pungkas dia.

Sekadar informasi, Bank BNI memiliki enam kantor cabang, satu kantor fungsional dan enam Anjungan Tunai Mandiri di luar negeri. Terakhir, Bank BNI telah membuka kantor Cabang di Jepang dan Korea Selatan. 

(Baca: OJK Dorong Pembukaan Kantor Cabang BNI di Australia)

Kompas TV Untuk membahas lebih lengkap soal sinergi bank dan Fintech, sudah hadir product and customer experience BTPN WOW, Achmad Nusjirwan Sugondo.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X