Jika Beli Yahoo, Verizon Akan Pangkas 2.000 Posisi

Kompas.com - 09/06/2017, 10:52 WIB
CEO Yahoo Marissa Mayer bersiap menuang seember air ke kepalanya sendiri dalam rangka memenuhi Ice Bucket Challenge YahooCEO Yahoo Marissa Mayer bersiap menuang seember air ke kepalanya sendiri dalam rangka memenuhi Ice Bucket Challenge
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Verizon Communications Inc memperkirakan akan memangkas 2.000 posisi ketika Verizon menyelesaikan akuisisi senilai 4,48 miliar dollar AS ke Yahoo Inc.

Hal itu disampaikan nara sumber yang mengetahui aksi tersebut. Penyelesaian akusisi diestimasi rampung pada pekan depan.

Pemangkasan tersebut mencapai sekitar 15 persen dari total staff unit Yahoo dan unit AOL milik Verizon. Saat ini, total pegawai AOL dan Yahoo mencapai 14.000 pegawai.

Kebanyakan pekerjaan yang dipangkas berkedudukan di California dan sejumlah negara di luar Amerika Serikat (AS).

Seperti diketahui, pemegang saham Yahoo pada Kamis waktu setempat menyetujui penjualan perusahaan. Persetujuan tersebut diperkirakan rampung pada Selasa.

Operator nirkabel nomor 1 di AS minat mencaplok Yahoo untuk mengkombinasikan layanan pencarian, email dan pesan di Yahoo dengan teknologi AOL yang dibeli 2015 lalu seharga 4,4 miliar dollar AS.

Verizon berharap layanan mobile video dan iklan akan jadi sumber pendapatan di luar bisnis nirkabel yang sudah jenuh.

Akuisisi Verizon atas Yahoo akan mengakhiri perjalanan bisnis Yahoo, sebagai perusahaan pionir di bidang website yang pernah memiliki valuasi 100 miliar dollar AS.

Sementara Verizon melakukan permak ulang AOL dan Yahoo untuk membuat perusahaan baru bernama Oath, yang dimpimpin oleh CEO AOL Tim Armstrong.

Dengan demikian, Verizon bisa menggunakan 200 juta pengunjung situs Yahoo dan dikombinasikan dengan 150 juta pengguna AOL serta 100 juta pengguna Verizon untuk layanan kepada para pengiklan.

Penjualan Yahoo terjadi karena salah satu investor, Starboard Value LP, hilang kepercayaan kepada CEO Marissa Mayer yang dipekerjakan sejak 2012. Jika proses pembelian selesai, Mayer harus hengkang dari Yahoo.

(Baca: Sah, Yahoo Dicaplok Raksasa Telekomunikasi AS)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X