Di Markas PBB, Menteri Susi Serukan Dunia Perangi Aksi Pencurian Ikan

Kompas.com - 09/06/2017, 15:19 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti saat konferensi pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta, Jumat (5/4/2017).  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti saat konferensi pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta, Jumat (5/4/2017). 
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Susi menyerukan kepada dunia untuk memerangi aksi illegal fishing atau pencurian ikan. Pernyataan itu ia sampaikan di sela-sela Konferensi Laut yang di Gelar di Markas PBB, New York, Amerika Serikat (AS).

Dalam wawancara khusus dengan VOA, Menteri Susi mengungkapkan bahwa pencurian ikan dilakukan oleh organisasi trans-nasional termasuk kru kapalnya berasal dari berbagai negara.

"Mereka juga bermain dengan bendera negara, ganti-ganti bendera. Satu kapal punya berbeda 25-30 bendera," seperti dikutip Kompas.com dari VOA, Jumat (9/6/2017).

Menteri nyentrik asal Pangandaran Jawa Barat itu lantas mengusulkan agar PBB menetapkan pencurian ikan sebagai kejahatan internasional.

Indonesia, tutur Susi, memiliki banyak bukti bahwa pencurian ikan kerap dibarengi dengan penyelundupan produk illegal lainnya mulai misalnya narkoba dan senjata.

Presiden Bidang Majelis Umum PBB Peter Thomson menyambut baik usulan dari Pemerintah Indonesia melalui Menteri Susi. "IUU Fishing menang kejahatan trans nasional. Kami berusaha keras melalui konferensi ini," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X