Wings Air Sudah Ajukan Izin Terbang ke Tasikmalaya

Kompas.com - 10/06/2017, 12:49 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan, maskapai penerbangan Wings Air tertarik membuka rute penerbangan ke Tasikmalaya, Jawa Barat. Hal itu menyusul perubahan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya dari bandara militer menjadi bandara umum dalam waktu dekat.

"Yang sudah mengirimkan surat perizinan itu dari Wings Air," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso di Tasikmalaya, Sabtu (10/6/2017).

Menurut Agus, Wings Air mengajukan izin terbang dengan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ke Bandara Wiriadinata Tasikmalaya. Hanya tutur ia, Kemenhub masih mempertimbangkan slot penerbangannya.

Sebab penerbangan komersial memiliki slot penerbangan yang terbatas. Meski begitu, Agus menuturkan akan sesegera mungkin untuk menyelesaikan persolan itu. Diharapkan dalam waktu satu bulan ke depan, Bandara Wiriadinata bisa segara melayani penerbangan umum.

Bandara Wiriadinata sendiri memiliki panjang landasan 1.200 meter dan rencananya akan diperpanjang hingga 1.600 meter. Terminal penumpangpun akan dibangun sehingga nantinya terminal bandara milik TNI AU dan umum menjadi berbeda.

Rencananya, Bandara Wiriadinata akan menjadi salah satu bagian rute penerbangan di wilayah selatan Jawa. Diharapkan, beroperasinya Bandara Wiriadinata sebagai bandara umum mampu mendongkrak ekonomi Tasikmalaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.