Harga Bawang Putih di Pasar Induk Kramat Jati Berangsur Turun

Kompas.com - 12/06/2017, 10:15 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita melakukan inspeksi mendadak (sidak) guna memastikan harga dan pasokan bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (12/5/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDOMenteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita melakukan inspeksi mendadak (sidak) guna memastikan harga dan pasokan bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (12/5/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017 pada H-12, harga salah satu komoditas yang sempat mengalami lonjakan pada awal Ramadhan, yakni bawang putih, berangsur normal kembali.

Pada Senin (12/6/2017) harga bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur telah berangsur turun menjadi Rp 18.500 per kilogram, berbeda pada saat awal Ramadhan lalu hingga Rp 60.000 per kilogram.

Pemerintah sendiri telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk bawang putih sebesar Rp 38.000 per kilogram.

Namun, harga bawang putih di pasar sejak beberapa hari lalu melesat hingga dikisaran Rp 60.000 per kilogram.

(Baca: Mendag: Importir Bawang Putih Nakal Akan Dipidanakan)

 

Sribit, salah satu pedagang besar bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur mengatakan, saat ini dirinya menjual bawang putih Rp 18.500 dan Rp 15.000 per kilogram dengan kualitas berbeda.

" Bawang putih di Pasar Induk saya jual dikisaran Rp 18.500 sama Rp 15.000 per kilogram, itu bawang putih jenis banci, memang kualitasnya saja yang beda," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (12/6/2017).

Sribit menambahkan, harga bawang putih diprediksi akan terus alami penurunan hingga Lebaran mendatang.

"Harganya turun terus dari mulai minggu kemarin masih di harga Rp 20.000 sampai Rp 22.000 per kilogram. Prediksi untuk naik enggak, tetapi turun iya," jelasnya.

Dirinya mengakui, penurunan harga bawang putih terjadi akibat banyaknya pasokan bawang putih di Pasar Induk saat ini.

"Kemungkinan masih turun, karena barang yang masuk banyak, kemarin saya masukin (pasok) 1.500 karung masih utuh, terus hari ini saya masuk 1.500 karung dan masih utuh, satu karung beratnya kurang lebih 19-20 kilogram," papar Sribit.

Namun, Berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta (IPJ) harga rata-rata bawang putih di Jakarta masih diatas kebijakan HET pemerintah yakni mencapai Rp 54.208 per kilogram, sedangkan bawang merah Rp 36.875 per kilogram.

(Baca: Kunjungi Pasar, Mendag Temukan Harga Gula Pasir Masih di Atas HET)

Kompas TV Polres Jaksel dan Bulog Gelar Pasar Murah

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X