Bank Syariah Mandiri Kucurkan Pembiayaan Rp 1 Triliun untuk Jasa Marga

Kompas.com - 12/06/2017, 14:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Mandiri (BSM) menandatangani perjanjian kerja sama fasilitas pembiayaan senilai Rp 1 triliun dengan dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Kerja sama ini menggunakan akad Line Facility-Musyarakah (bagi hasil/syirkah) dengan tenor 1 tahun. Penncairan dana dapat dilakukan secara bertahap atau sekaligus.

Tujuan penggunaan dana adalah untuk modal kerja pengembangan ruas jalan tol baru Jasa Marga. Direktur Wholesale Banking BSM Kusman Yandi menyampaikan, ini adalah kali pertama BSM bekerja sama dengan Jasa Marga.

Ini sejalan dengan strategi BSM menjadikan sektor infrastruktur sebagai salah satu fokus pengembangan bisnis ke depan, mengingat potensi pertumbuhan sektor ini sangat besar.

"Hal ini juga sebagai wujud  partisipasi BSM sebagai bagian dari Bank Mandiri Group untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi salah satu program prioritas Pemerintah RI," kata Kusman dalam pernyataan resmi, Senin (12/6/2017).

Seiring pertumbuhan bisnis, BSM bertekad untuk terus meningkatkan kontribusinya pada negeri di bidang pembangunan infrastruktur.

BSM saat ini sudah masuk membiayai pembangunan jalan raya dan tol, pelabuhan,  industri perkeretaapian dan power plant yang dapat digunakan untuk masyarakat luas.

Kusman Yandi mengungkapkan selama tahun 2017, total persetujuan pembiayaan ke sektor infrastruktur mencapai Rp 3,70 triliun yang pencairannya akan dilakukan bertahap sesuai progres proyek.

Outstanding pembiayaan kami ke sektor ini per posisi April 2017 sebesar Rp 3,25 triliun atau 6 persem dari total pembiayaan per April 2017 BSM yang mencapai sebesar Rp 54,69 triliun.

“Kami berharap kesempatan bekerja sama tidak berhenti di sini dan bisa dilanjutkan dengan kerjasama produk dan layanan jasa perbankan lainnya termasuk pembiayaan konsumer ke karyawan PT Jasa Marga  dan semoga kerja sama ini membawa kebaikan dan keberkahan untuk kedua belah pihak dan untuk negeri," jelas Kusman.

Sementara itu, Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal menyampaikan pembiayaan dari BSM akan digunakan untuk pengembangan ruas jalan tol Jasa Marga.

"Kami senang karena dapat menambah alternatif sumber pembiayaan proyek kami, yang selama ini dominan dari perbankan konvensional dan obligasi,  juga dari perbankan syariah.  Kerjasama ini sekaligus juga merupakan  wujud dukungan Jasa Marga dalam pengembangan industri perbankan syariah," jelas Donny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.