Tekan Kemiskinan di Bawah 10 Persen pada 2018, Apa Langkah Pemerintah?

Kompas.com - 12/06/2017, 17:11 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya menekan angka kemiskinan. Tahun ini, pemerintah optimis angka kemiskinan bisa turun hingga mencapai angka 10,4 persen.

Bahkan untuk 2018, pemerintah sudah memilik target yang akan dikejar yakni menekan angka kemiskinan hingga ke bawah 10 persen, atau mencapai 9 persen.

"Pokoknya tahun ini jadi 10,4 dan tahun depan bisa tembus di bawah 10 persen targetnya," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro di Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/6/2017).

Sejumlah program sudah disusun oleh pemerintah khusus untuk menekan angka kemiskinan. Program itu meliputi perluasan konversi beras sejahtera menjadi layanan non tunai di seluruh kota dan sebagian besar kabupaten dan penyaluran subsidi energi dan LPG 3 kg non tunai.

Ada lagi perluasan program keluarga harapan (PKH) dan perluasan jangkauan pelayanan dasar seperti air bersih, sanitasi, dan identitas kependudukan.

Berdasarkan catatan BPS, jumlah penduduk miskin di Indonesia per September 2016 turun menjadi 27,76 juta jiwa.

Jika dilihat secara persentase, jumlah penduduk miskin di Indonesia per September 2016 adalah sebesar 10,7 persen dari total penduduk Indonesia. Persentase ini menurun dibandingkan Maret 2016 lalu sebesar 10,86 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.