Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Zakat Bersama HSBC Bangun 7 Titik Desa Berdaya

Kompas.com - 13/06/2017, 14:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Zakat bersama PT Bank HSBC Indonesia membangun tujuh titik Desa Berdaya sebagai upaya membantu peningkatan potensi desa di Indonesia,

Adapun titik-titik desa berdaya tersebut yaitu Desa Pejaten Timur Jakarta Desa Mekarsari Bandung Desa Tamanan Yogyakarta, Desa Margorejo Surabaya, Desa Sidorejo Hilir Medan, Desa Maccini Raya Makassar, dan Desa Banjar Serasan Pontianak.

Berdasarkan informasi kemiskinan dari Kementrian PPN/Bappenas persentase penduduk miskin di daerah perkotaan pada September 2015 sebesar 8,22 persen, turun menjadi 7,79 persen pada Maret 2016. Sementara persentase penduduk miskin di daerah perdesaan naik dari 14,09 persen pada September 2015 menjadi 14,11 persen pada Maret 2016.

CEO Rumah Zakat, Nur Efendi menuturkan tingkat kemiskinan di Indonesia semakin berkurang, namun dalam empat tahun terakhir, jumlah penduduk miskin masih relatif berfluktuasi.

"Fokus perlu dilakukan  untuk secara konsisten menurunkan tingkat kemiskinan dan jumlah  penduduk miskin secara bersama-sama,” ungkap Nur Efendi dalam keterangan resminya, Selasa (13/6/2017).

Menurut dia, dengan hadirnya program Desa Berdaya tersebut, diharapkan bisa berkontribusi terhadap pengentasan kemiskinan di Indonesia.

“Desa Berdaya merupakan sebuah pendekatan komprehensif agar masyarakat di sebuah desa bisa menanggulangi permasalahan sekaligus memperbaiki akses maupun layanan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan,” lanjut Nur Efendi.

Sementara itu, Head of Corporate Sustainability PT Bank HSBC Indonesia Nuni Sutyoko, menjelaskan Berdayanya masyarakat desa merupakan salah satu faktor pendorong percepatan ekonomi.

"Kami ingin menjadi bagian dari pertumbuhan Indonesia yang memiliki potensi begitu besar. Untuk itu sinergi pembangunan masyarakat yang berkelanjutan menjadi agenda utama kami dalam program kemasyarakatan kami. Inilah yang menjadi landasan kerjasama program Desa Berdaya,” ujar dia.

Sejauh ini Rumah Zakat telah membina 800 Desa Berdaya di 129 kota dan kabupaten di Indonesia. Tahun ini, lembaga tersebut menargetkan bisa memberdayakan 1.080 desa di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com