PP THR dan Gaji ke-13 PNS Sudah Diteken Presiden

Kompas.com - 13/06/2017, 15:30 WIB
Presiden Joko Widodo Sidak ke ruang wartawan Istana, Selasa (13/6/2017) KOMPAS.com/IHSANUDDINPresiden Joko Widodo Sidak ke ruang wartawan Istana, Selasa (13/6/2017)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan, pencairan Tunjungan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan segara diumumkan.

Hal itu menyusul keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) sebagai dasar hukum pencairan THR dan Gaji ke-13 untuk PNS dan pensiunan.

"Bapak Presiden sudah tandatangan nanti akan segera diumumkan," ujar Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Selanjutnya, Menteri Keuangan akan mengeluarkan aturan turunan dari PP terkait THR dan Gaji ke-13 itu. Namun Sri Mulyani belum menyebut kapan pastinya aturan itu keluar.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menuturkan, urusan THR dan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) ada di tangan Kementerian Keuangan.

(Baca: Menpan RB: Gaji ke-13 PNS Cair Sebelum Lebaran)

 

Meski begitu, ia menyampaikan bahwa THR akan dicairkan seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni sebelum Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

Sementara itu Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, anggaran gaji ke-13 PNS tahun ini sekitar Rp 7 triliun-Rp 8 triliun.

Namun ia mengatakan pencairannya bisa tidak bersamaan dengan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR). Sebab tujuan gaji ke-13 lebih kepada membantu biaya anak sekolah, adapun THR untuk keperluan Lebaran.

(Baca: Apakah Sri Mulyani Bakal Teruskan Kebijakan THR untuk PNS pada 2017?)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.