Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Minta Harga Gas Blok Masela 5,86 Dollar AS Per MMBTU

Kompas.com - 13/06/2017, 17:09 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ingin harga jual gas di Blok Masela tidak terlalu mahal. Dengan begitu, diharapkan industri mau membeli hasil gas dari lapangan gas abadi tersebut.

"Kami mau harganya 5,86 dollar AS per MMBTU," ujarnya usai menggelar konferensi pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Namun Luhut juga meminta Inpex Corporation salaku operator Blok Masela segera menyelesaikan proses studi desain awal atau Pre-Front End Engineering Design/Pre-FEED).

Luhut akan kembali membahas detail berbagai hal dengan Inpex Corporation. Rencananya pertemuan lanjutan akan dilakukan pada pekan depan.

Saat ini, ada tiga sektor industri yang melirik gas dari lapangan gas yang berada di Laut Arafura, Maluku itu. Industri yang tertarik dengan gas Masela adalah industri metanol, industri pupuk, dan industri dimethyl ether (DME).

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan, ketiga industri tersebut sedang menunggu lokasi pembangunan kilang Blok Masela.

Setelah ada kepastian, ketiga industri akan menentukan lokasi pembangunan pabrik dan melakukan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com