Jonan Imbau Pemudik dengan Motor Isi Bensin Full Tank

Kompas.com - 14/06/2017, 14:00 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan Saat Mengunjungi Terminal BBM Jakarta Group di Kawasan Plumpang, Jakarta Utara, Rabu (14/6/2017). KOMPAS.com/ MOH NADLIRMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan Saat Mengunjungi Terminal BBM Jakarta Group di Kawasan Plumpang, Jakarta Utara, Rabu (14/6/2017).
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengimbau agar para pemudik yang menggunakan motor untuk mengisi tangki BBM kendaraannya penuh.

"Kami sudah sosialisasi bahwa disarankan untuk semua pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor agar isi BBM di tangkinya secara penuh," kata Jonan di Terminal BBM Jakarta Group, Plumpang, Jakarta Utara, Rabu (14/6/2017).

Hal itu kata Jonan, untuk menghindari kondisi kehabisan BBM di tengah perjalanan mudik dan balik mudik, ketika macet terjadi.

"Itu penting supaya ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya macet yang berkepanjangan tidak kehabisan bensin di jalan," kata mantan Menteri Perhubungan itu.

"Jadi isi BBM penuh sebelum berangkat, kan nanti sama saja untuk baliknya bisa dipakai lagi kalau kelebihan. Jadi tidak mubazir," tambah dia.

Jonan juga menambahkan, untuk mengantisipasi kehabisan bensin di tengah kemacetan yang terjadi. Pertamina telah membuat satgas BBM dengan motor.

(Baca: Pertamina Akan Sediakan BBM Kemasan di Area Macet)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Motor itu diisi tabung BBM yang kecil beberapa liter. Sepeda motor itu yang akan keliling nanti di kantong-kantong kemacetan atau yang diantisipasi itu pergerakannya lambat sekali," kata dia.

(Baca: Menteri Jonan Jamin Stok BBM Mudik dan Balik Mudik Aman)

Kompas TV Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto menjelaskan, mudik menggunakan sepeda motor sangat rentan terhadap kecelakaan.

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X