Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura II Bantah Ada Banjir di Terminal 3 yang Sebabkan "Delay"

Kompas.com - 15/06/2017, 09:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (AP II) menjelaskan terjadinya keterlambatan (delay) penerbangan sejumlah maskapai di terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng pada Selasa (13/6/2017).

Menurut AP II, delay penerbangan yang terjadi di disebabkan ditutupnya satu runway menyusul peristiwa pecah ban pesawat Malaysia Airlines MH 725.

(Baca: Terminal 3 Gangguan Listrik, 30 Penerbangan Garuda Indonesia "Delay")

Dengan demikian, pihak AP II membantah kabar yang menyebutkan delay terjadi karena banjir di runway dan taxiway. Selain itu, runway dan taxiway maupun apron di Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki sistem drainase yang sangat baik.

Hal itu ditegaskan oleh Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. Menurut dia, yang menjadi viral di media sosial adalah foto genangan air di loading dock Terminal 3.

Loading dock tersebut tidak ada hubungannya dengan sisi bandar udara karena lokasinya berada di dekat gedung parkir kendaraan.

Namun, di media sosial, gambar itu disandingkan dengan foto ban pesawat tergenang air di apron Golf 71, 72, dan 73. Padahal, genangan tersebut dapat dikeringkan dalam waktu 20 menit.

"Genangan di loading dock pun dapat dikeringkan dalam waktu cukup singkat," jelasnya, saat dihubungi wartawan, Rabu (14/6/2017) malam.

Awaluddin menegaskan delay yang terjadi karena ditutupnya runway utara selama 1 jam lebih sehingga pergerakan dan pergantian pesawat menjadi terkendala.

"Tidak benar delay terjadi karena banjir. Kemudian juga isu banjir ini dikait-kaitkan sebagai penyebab peristiwa Malaysia Airlines MH 725, saya katakan itu tidak benar," jelas dia.

Seperti diketahui, pada Selasa 13 Juni sekitar pukul 20.00 pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH 725 rute Kuala Lumpur - Jakarta mengalami pecah ban setelah mendarat dan tengah menuju apron di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Atas kejadian ini, diterbitkan NOTAM penutupan runway utara selama kurang lebih 1 jam, sehingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta sempat beroperasi hanya dengan satu runway yakni runway selatan.

(Baca: AP II Pastikan Kebakaran Bedeng Tidak Ganggu Operasional Terminal 3)

Kompas TV Kantin & Mes Pekerja Bandara Soetta Ini Ludes Terbakar


Berita ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul asli "Angkasa Pura II: Tidak Ada Banjir di Terminal 3" pada Kamis (15/6/2017). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com