Kompas.com - 15/06/2017, 15:47 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatnya kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri membuat masyarakat mencari alternatif pembiayaan secara mudah dan cepat. Salah satu yang gemar dipilih masyarakat adalah menggadaikan barang-barang bernilai tinggi kepada perusahaan PT Pegadaian (Persero).

Manajer Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian Basuki Tri Andayani mengatakan, tren gadai menjelang puasa dan Lebaran 2017 cenderung meningkat 11,05 persen.

"Tahun 2017 Pegadaian menyalurkan pinjaman gadai pada Januari sebesar Rp 9,8 triliun, Februari Rp 9,5 triliun, Maret Rp 10,5 triliun, April Rp 9,5 triliun, dan Mei Rp 10,5 triliun. Dari data, kenaikan dari April ke Mei sekitar 11,05 persen, ujar Basuki kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Basuki menambahkan, sebesar 95,9 persen barang jaminan yang digadaikan masyarakat berupa emas.

"Kebanyakan untuk keperluan lebaran baik yang bersifat konsumtif maupun produktif. Yang produktif untuk penambahan modal usaha yang marak di bulan puasa misalnya di sektor pangan dan sandang," ungkapnya.

Menurutnya, pada H-12 sampai H-2 Lebaran akan terjadi tren kenaikan tebusan dari masyarakat yang menggadaikan barangnya di Pegadaian hal itu berbanding terbalik jika dibandingkan dengan awal puasa.

"Biasanya H-12 sampai H-2 justru terjadi peningkatan penebusan. Penyaluran pinjaman justru mengalami penurunan dan biasanya kembali meningkat setelah Lebaran," jelasnya.

Hal itu terjadi akibat, masyarakat sudah mendapatkan hasil usaha selama bulan Ramadhan hingga telah memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR).

"Alasan meningkatnya tebusan, nasabah yang menggunakan dana untuk usaha sudah mendapatkan penghasilan untuk menebus. Karyawan swasta mendapatkan THR, Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pensiunan dapat gaji ke-13," ungkap Basuki.

Dan yang terakhir, masyarakat yang mengambil perhiasan untuk dipakai saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

(Baca: Di 2017 Pegadaian Targetkan Peroleh Laba Bersih Rp 2,5 Triliun)

Kompas TV Warga Antusias Beli Emas Lelangan di Pegadaian
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.