Kompas.com - 20/06/2017, 05:57 WIB
Seorang pengendara motor melintas di kawasan pabrik rokok PT Gudang Garam, Tbk, Kediri, Jawa Timur. Kompas.com/ M. Agus Fauzul HakimSeorang pengendara motor melintas di kawasan pabrik rokok PT Gudang Garam, Tbk, Kediri, Jawa Timur.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KEDIRI, KOMPAS.com - Perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk membagikan dividen tunai sebesar Rp 5 triliun untuk tahun buku 2016 atau setara dengan Rp.2.600 per lembar sahamnya.

Dividen per saham itu tidak mengalami perubahan angkanya dibanding dengan nilai saham yang sama pada tahun sebelumnya yakni Rp 2.600 per lembar saham.

"Alhamdulillah kami masih bisa mempertahankan di angka Rp 2.600," ujar Heru Budiman, Direktur PT Gudang Garam Tbk seusai Rapat Umum Pemegang Saham di Hotel Grand Surya Kediri, Jawa Timur, akhir pekan lalu (17/6/2017).

Volume penjualan rokok dengan emiten GGRM ini pada tahun 2016 lalu mencapai 72,9 miliar batang untuk domestik dan 4 miliar batang untuk ekspor. Adapun volume tahun 2015 tercatat 74,6 miliar batang untuk domestik dan 3 miliar batang untuk ekspor.

Secara umum, Heru menambahkan, sektor penjualan pada industri rokok pada tahun 2016 lalu memang mengalami penurunan meski tidak signifikan. Penurunan itu, menurut dia, terjadi karena beberapa faktor seperti meningkatnya biaya hidup masyarakat bahkan juga karena faktor kenaikan harga cabe.

Begitu juga terhadap penyesuaian tarif listrik, dia menambahkan, juga turut mempengaruhi harga pokok penjualan meski efeknya cukup kecil bagi industri rokok.

Pada bidang industru ini, faktor yang paling mempengaruhi harga pokok penjualan, menurutnya malah cukai rokok yang mencapai 60-70 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X