Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Lebaran, Bank-bank BUMN Pasok Uang Tunai Rp 105,5 Triliun

Kompas.com - 20/06/2017, 16:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank-bank pelat merah yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) melakukan serangkaian persiapan layanan selama bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1438 H.

Salah satu persiapan tersebut adalah pasokan uang tunai guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Ketua Himbara Maryono menjelaskan, untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat, Himbara menyiapkan uang tunai sebesar Rp 105,5 triliun.

Angka ini menurun dibandingkan realisasi tahun 2016 yang mencapai Rp 117 triliun. Menurut Maryono, penurunan tersebut bukan merupakan hal yang negatif.

Pasalnya, Himbara mendukung program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang digagas Bank Indonesia (BI).

"Ini menunjukkan banyak masyarakat yang menggunakan non-tunai. Makanya pasokan uang tunai kita kurangi," kata Maryono dalam konferensi pers Himbara di Plaza Mandiri, Selasa (20/6/2017).

Maryono menjelaskan, saat ini pun transaksi non-tunai dengan uang elektronik sudah mulai digalakkan di ruas-ruas tol. Uang elektronik yang diterbitkan oleh empat bank anggota Himbara dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di gerbang tol.

Selain itu, masyarakat juga akan semakin dimudahkan jika ingin melakukan transaksi melalui ATM ataupun outlet. Sebab, secara total Himbara menyediakan hingga 61.210 unit ATM termasuk ATM Link dan juga 776 outlet yang tetap beroperasi secara terbatas selama libur Idul Fitri. 

ATM Link merupakan Sinergi Himbara yang sudah dimulai pada Desember 2015. Per Juni 2017 jumlah ATM Link sudah mencapai sekitar 15.000 unit ATM. 

Hingga akhir tahun 2017, Himbara menargetkan jumlah ATM Link mencapai 30.000 unit.  “Dengan bersinergi, Himbara bisa memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat, lebih mudah, lebih murah dan lebih luas sehingga lebih menjangkau seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Maryono.

Himbara beranggotakan empat bank milik negara, yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com