Bangun Pipa Gas Bumi Duri-Dumai, PGN Incar Konsumen Potensial

Kompas.com - 21/06/2017, 08:30 WIB
Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Jobi Triananda Hasjim, di Graha PGAS, Jakarta Barat, Selasa (20/6/2017). KOMPAS.com/KURNIA SARI AZIZADirektur Utama PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Jobi Triananda Hasjim, di Graha PGAS, Jakarta Barat, Selasa (20/6/2017).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) tengah membangun proyek pipanisasi gas bumi Duri-Dumai untuk mendukung penyediaan gas bumi bagi pengguna di wilayah baru Dumai.

Direktur Utama PT PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan jaringan pipanisasi tersebut terdiri dari jaringan transmisi sepanjang 67 km dan distribusi sepanjang 56 km.

"Beberapa waktu lalu, kami juga sudah menandatangani Heads of Agreement (HOA) untuk proyek pipa transmisi Duri-Dumai bersama Pertamina di Kementerian BUMN. Pipa transmisi ini akan tersambung dengan pipa distribusi," kata Jobi, kepada wartawan, di Graha PGAS, Jakarta Barat, Selasa (20/6/2017).

Adapun pembangunan pipa distribusi di Dumai untuk memenuhi kebutuhan gas bumi di wilayah tersebut. Nantinya dapat digunakan untuk industri, komersial, dan rumah tangga.

PGN melihat adanya potensi calon pelanggan di wilayah Dumai, seperti di Kawasan Industri Pelintung, Pelindo, dan Kawasan Industri Lubuk Gaung. PGN menargetkan proyek ini dapat diselesaikan akhir tahun 2018.

"Selain proyek pipanisasi Duri-Dumai, kami juga sedang mengembangkan infrastruktur pipa transmisi gas bumi West Natuna Transmission System ke Pulau Pemping, Kepulauan Riau," kata Jobi.

Kemudian, PGN juga tengah mengembangkan pipa gas bumi di Muara Karang-Muara Bekasi sepanjang 42 km, infrastruktur gas bumi di Gresik, Pasuruan, dan lain-lain.

Selain jaringan pipa, pada tahun 2017, PGN juga membangun jaringan gas rumah tangga dengan total sambungan mencapai 30.500 rumah tangga di beberapa kota di Indonesia. Lalu, PGN juga akan membangun 2 SPBG di Serang dan Cilegon.

"Harapannya, semakin banyak masyarakat yang menikmati gas bumi," kata Jobi.

Saat ini, PGN telah membangun dan mengoperasikan infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 7.270 km atau setara 80 persen pipa gas bumi hilir seluruh Indonesia.

Dari infrastruktur tersebut, PGN mengalirkan gas ke 1.652 pelanggan industri dan pembangkit listrik, 1.929 pelanggan komersial atau hotel, restoran, dan rumah makan, usaha kecil.

PGN juga mengalirkan gas ke 204.000 pelanggan rumah tangga. Pelanggan PGN ini tersebar di 19 kota di 12 provinsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.