Pelanggan 900 VA yang Layak Subsidi Bertambah, Subsidi Listrik Tambah Rp 1,7 triliun

Kompas.com - 21/06/2017, 18:55 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan (tengah) bersama Dirut PLN Sofyan Basir (kanan) mengunjungi Pusat Pengatur Beban Jawa-Bali (P2B JB) Gandul, Depok, Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). KOMPAS.com/ MOH NADLIRMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan (tengah) bersama Dirut PLN Sofyan Basir (kanan) mengunjungi Pusat Pengatur Beban Jawa-Bali (P2B JB) Gandul, Depok, Jawa Barat, Kamis (15/6/2017).
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2017, Pemerintah mengajukan tambahan subsidi listrik sebesar Rp 1,7 triliun.

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, tambahan subsidi tersebut lantaran adanya potensi tambahan pelanggan listrik rumah tangga 900 Volt Ampere (VA) yang berhak disubsidi berdasarkan pengaduan yang masuk ke Kementerian EDSM.

Menurut Jonan, dari dari data masuk, ditemukan potensi tambahan sekitar 2,4 juta pelanggan 900 VA yang berhak disubsidi. Maka, total penerima subsidi 900 VA, bertambah dari sebelumnya 4,1 juta menjadi 6,5 juta.

"Lagi diverifikasi, apakah kemungkinan perlu mendapatkan subsidi. Usulan kami tambahan subsidinya sebanyak 1,7 triliun. Akan kami paparkan ke Komisi VII DPR setelah libur Lebaran," kata Jonan di kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2017).

Dengan usulan tambahan subsidi tersebut, total subsidi listrik secara keseluruhan untuk tahun 2017 itu mencapai Rp 52,13 triliun. 

Jonan juga berujar, tambahan subsidi itu sudah sesuai perhitungan pemerintah. Selain untuk menutupi subsidi tambahan pelanggan 900 VA, subsidi itu juga untuk menjaga agar tarif listrik tak naik sampai akhir tahun. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X