Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Penjualan Bahan-bahan Kue Meningkat

Kompas.com - 22/06/2017, 12:35 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk membuat sajian aneka kue kering untuk keperluan Lebaran. Hal itu membuat toko-toko kebutuhan bahan-bahan kue mengalami peningkatan penjualan yang sudah terjadi sejak pertengahan bulan Ramadhan hingga akhir Ramadhan.

"Puasa 15 hari sudah ada peningkatan (penjualan) tapi naiknya (penjualan) di H-7 sampai H-2, kira-kira naik 30 persen dari hari-hari biasa," ujar Herman Manaf salah satu pemilik toko bahan-bahan kue di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan, Kamis (22/6/2017).

Menurutnya, peningkatan penjualan terjadi pada bahan-bahan utama untuk aneka kue kering, seperti tepung terigu, gula pasir, gula halus, hingga margarin.

"Yang banyak dibeli terigu pastinya, kemudian gula pasir dan halus, margarin, toples kue juga banyak yang beli, telur, dan perlengkapan kue kayak cetakan kue, sama pewarna makanan," jelasnya.

Salah satu pembeli, Jauhari asal Fatmawati yang ditemui Kompas.com mengatakan, dirinya membeli bahan-bahan pembuatan kue yang dipersiapkan untuk kebutuhan lebaran.

"Ini buat Lebaran kuenya, setiap tahun istri saya buat kue kering, kalau sekarang beli (bahan-bahan) yang kurang-kurang saja, kemarin sudah beli bahan utamanya," papar Jauhari.

Menurut Jauhari, harga-harga kebutuhan untuk bahan-bahan kue tidak mengalami lonjakan harga yang berarti jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Harga-harganya tidak terlalu naik, standar saja seperti terigu, gula, malah ini telur lagi agak turun ya, masyarakat jadi banyak bikin kuenya," paparnya.

Senada dengan Jauhari, Herman Manaf pemilik toko bahan-bahan kue menyebutkan, jika kenaikan harga bahan-bahan kue pada tahun ini tidak terjadi signifikan.

"Harganya stabil sih, apalagi gula sudah diatur, terigu juga sama kaya tahun lalu ada yang Rp 9.500 sampai Rp 11.500 per kilogram, kita juga enggak bisa jual kemahalan, nanti pembeli kabur," jelasnya.

Berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta (IPJ) harga rata-rata telur ayam yang menjadi bahan baku utama kue mencapai Rp 21.000 per kilogram, tepung terigu Rp 7.813 per kilogram, gula pasir Rp 14.116 per kilogram.

Kemudian margarin sachet Rp 6.500 per sachet, margarin cup Rp 10.400 per cup, susu kental manis kaleng Rp 9.294 sampai Rp 12.093 per kaleng (200 gram). 

(Baca: Bulog: Stok Gula Pasir Cukup Selama Ramadhan dan Lebaran)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com