Balada “Cheese Stick” Remuk di Bulan Berkah

Kompas.com - 22/06/2017, 12:57 WIB
Berbagai macam varian kue sebagai inovasi kue kering KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANBerbagai macam varian kue sebagai inovasi kue kering
|
EditorSri Noviyanti


KOMPAS.com - Herdiana Irawati "mengunci" status akun Facebok dengan kata-kata "pre-order cheese stick tutup 11062017".

Senyum semringah pun menghiasi wajah perempuan berambut ikal itu. "Waktunya kerja keras lagi nih Pah. Semangat!" katanya sembari menatap wajah suaminya, Jatmiko Edi yang duduk berhadapan dengannya pada Minggu siang (4/6/2017).

Menanggapi ucapan istrinya, Jatmiko, pria bertubuh kurus itu cuma menjawab datar,"Ingat ya Mah, balada cheese stick remuk enggak boleh terulang." 

Membalas dengan senyuman, Herdiana menjawab,"Enggak Pah enggak."

Bulan puasa setahun silam. Herdiana yang karib dipanggil Nana mengenang insiden kecelakaan lalu-lintas yang menimpa Yusup, tetangganya yang menjadi tukang ojek khusus mengantar kue-kue kering, termasuk cheese stick. "Nyebelin emang kalau ingat," gumamnya mengenang kejadian di bulan berkah itu.

Begini ceritanya. Setahun lalu, Nana mendapat pesanan kue kering dari pelanggannya, Rosmita Rania, yang tinggal di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Rosmita yang memesan melalui akun Facebook membeli 50 stoples kue kering. Separuh dari pesanan itu adalah cheese stick. Selebihnya adalah putri salju, choco pindekas, dan kacang mete goreng. "Aku tahu kok, cheese stick buatan Nana enak banget,"  kata Rosmita yang rajin membeli produk buatan Nana sejak 2015 itu.

Nana memasang banderol harga untuk kue-kue kering buatannya yang disimpan pada stoples mika bundar ukuran setengah kilogram itu. Rata-rata, per satu stoples, harga yang ditawarkan ada di kisaran angka Rp 70.000 sampai dengan Rp 100.000. 

Sudah terbayang di benak Nana, berapa jumlah uang yang mengisi pundi-pundinya dari pesanan Rosmita.

"Bisnis makanan memang ramai pelanggan," ujar ibu dua anak yang memulai bisnis ini sejak 2014 dari rumah keluarga di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Jelang Lebaran, produksi dan penjualan kue kering bisa mencapai 10 kali lipat dari hari biasa.

Singkat kata, pesanan untuk Rosmita kelar seminggu sebelum Lebaran. Nana kemudian memanggil Yusup untuk mengirim pesanan itu. "Sekalian berbagi rezeki sama tetangga kan berkah juga," tutur Nana lagi. 

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X