Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Penerbangan "Delay", Sejumlah Bandara Buka Hingga Pukul 24.00

Kompas.com - 23/06/2017, 16:54 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Dalam periode 18-21 Juni 2017, tercatat ada 381 penerbangan mengalami keterlambatan atau delay selama masa mudik Lebaran di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menindaklanjuti persoalan itu, sejumlah bandara dipastikan buka sampai pukul 24.00 WIB. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Kami secara intensif tambah jam operasi," ujar Budi di sela-sela tinjauannya ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (23/6/2017).

Bandara lain yang jam operasinya juga dibuka hingga pukul 24.00 WIB adalah Solo, Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, Makassar, Balikpapan, dan Medan.

Hari ini tutur Menhub, Angkasa Pura II juga memutuskan untuk membuka operasional bandara-bandaranya hingga pukul 24.00 WIB kecuali Bandara Silangit, Sumatera Utara.

"Jadi rotasi awak dan pesawat bisa terjaga dengan baik. Jadi Besok paginya bisa zero lagi (delay-nya)," kata Menhub.

Sebelumya, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menilai tingkat keterlambatan atau delay selama masa mudik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta masih tergolong wajar.

Bila merujuk pada data delay yang tercantum pada on time performance tiap maskapai, nampak kebanyakan delay terjadi antara satu sampai dua jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com