Ratusan Penerbangan "Delay", Sejumlah Bandara Buka Hingga Pukul 24.00

Kompas.com - 23/06/2017, 16:54 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorMuhammad Fajar Marta

TANGERANG, KOMPAS.com - Dalam periode 18-21 Juni 2017, tercatat ada 381 penerbangan mengalami keterlambatan atau delay selama masa mudik Lebaran di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menindaklanjuti persoalan itu, sejumlah bandara dipastikan buka sampai pukul 24.00 WIB. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Kami secara intensif tambah jam operasi," ujar Budi di sela-sela tinjauannya ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (23/6/2017).

Bandara lain yang jam operasinya juga dibuka hingga pukul 24.00 WIB adalah Solo, Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, Makassar, Balikpapan, dan Medan.

Hari ini tutur Menhub, Angkasa Pura II juga memutuskan untuk membuka operasional bandara-bandaranya hingga pukul 24.00 WIB kecuali Bandara Silangit, Sumatera Utara.

"Jadi rotasi awak dan pesawat bisa terjaga dengan baik. Jadi Besok paginya bisa zero lagi (delay-nya)," kata Menhub.

Sebelumya, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menilai tingkat keterlambatan atau delay selama masa mudik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta masih tergolong wajar.

Bila merujuk pada data delay yang tercantum pada on time performance tiap maskapai, nampak kebanyakan delay terjadi antara satu sampai dua jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.