Ke Bali, Menteri Jonan Cek Kesiapan Pasokan BBM

Kompas.com - 24/06/2017, 21:17 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Jakarta, Senin (10/4/2017). KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNAMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Jakarta, Senin (10/4/2017).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Manggis, Karangasem Bali, Sabtu (24/6/2017).

Dalam kunjungan ini, Jonan meminta PT Pertamina (Persero) menjaga ketersediaan BBM dan elpiji. 

"Avtur harus juga menjadi prioritas mengingat Bandar Udara Ngurah Rai memiliki jumlah penerbangan yang sangat banyak di Indonesia di samping Bandar Udara Soekarno Hatta dan Juanda," ujar Jonan dalam keterangan resminya, Sabtu.

Dalam hal ini, Pertamina di Bali sudah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi lonjakan permintaan BBM dan elpiji, yang diprediksi terjadi selama masa Lebaran. Langkah yang dilakukan antara lain dengan meningkatkan pasokan BBM jenis bensin sebesar 10 persen di atas kondisi normal yang sekitar 2.460 kiliter per hari. 

Sementara, untuk BBM Solar, meskipun cenderung turun karena ada larangan kendaraan berat beroperasi, tetap dijaga pada level normal.

Sementara itu, Direktur Pengolahan Pertamina,Toharso menuturkan selama masa satgas mulai H-15 hingga menjelang Lebaran saat ini, BBM jenis bensin mengalami peningkatan cukup signifikan.

Untuk bensin jenis Pertamax dan Pertalite, peningkatannya masing-masing sebesar 15 persen dan 19 persen secara nasional.  Akan tetapi, Premium justru mengalami penurunan sekitar 6 persen  dari kondisi normal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X