Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Garuda: "Self Check-In Counter" Efektif Kurangi Antrian

Kompas.com - 26/06/2017, 07:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh penerbangan maskapai Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten kini telah terpusat di Terminal 3.

Garuda pun mengoptimalkan layanan agar penumpang dapat merasa nyaman mulai dari proses check-in hingga terbang. Salah satu layanan yang disediakan Garuda adalah layanan check-in mandiri alias self check-in counter.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury menyatakan, layanan tersebut terbukti efektif mengurangi antrian calon penumpang di konter check-in manual.

"Di Terminal 3 yang membantu juga ada self check-in counter. Gampang sekali kalau mau check-in di situ, tinggal masukkan kode reservasi langsung dapat boarding pass," ujar Pahala di Kompleks Menteri Widya Chandra, Minggu (25/6/2017).

Pahala menyatakan, saat ini Garuda memiliki 38 layanan check-in mandiri di Terminal 3. Meskipun demikian, ia mengaku tidak mengetahui secara pasti persentase efektivitas layanan berupa anjungan mesin tersebut terhadap pengurangan antrian penumpang di konter manual.

Namun begitu, imbuh mantan Direktur Keuangan Bank Mandiri ini, berdasarkan pantauannya pada H-2 dan H-1 Lebaran, antrian penumpang di konter check-in manual sangatlah minim. Bahkan, jumlah penumpang yang mengantri hanya sekira 4 hingga 5 orang.

"Kalau kita lihat di Terminal 3 hampir tidak ada antrian sama sekali. Paling banyak 4 sampai 5 orang antri di satu counter, padahal itu lumayan puncaknya waktu hari Jumat dan Sabtu (23 dan 24 Juni 2017)," jelas Pahala.

Sebelumnya, Pahala mengatakan bahwa Garuda Indonesia Group pada mudik lebaran tahun 2017 ini akan menambah 128.376 kursi.

Rinciannya, 49. 896 kursi oleh Garuda dan 78.480 oleh Citilink.

Pahala menerangkan, puluhan ribu kursi Garuda itu dialosikan untuk rute domestik sebanyak 47.616 kursi dan rute internasional sebanyak 2.280 kursi. Sedangkan, dari puluhan ribu Citilink, ke semuanya dialosikan hanya untuk rute dalam negeri.

"Penambahan kursi Garuda itu kita tingatkan 52 persen kursi dibanding tahun lalu, yang hanya 32.752. Nanti akan kita lihat, mudah-mudahan cukup untuk demand 2017," kata Pahala.

Kompas TV Penumpang Diminta Manfaatkan Fasilitas “Self Check In’

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com