Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Lebaran, Harga Aneka Cabai Kompak Turun di Jakarta

Kompas.com - 29/06/2017, 19:13 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca Hari Raya Idul Fitri atau H+4 Lebaran harga aneka jenis cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur tengah alami penurunan.

Mengutip data Informasi Pangan Jakarta (infopangan.jakarta.go.id) pada Kamis (29/6/2017) harga cabai merah keriting mencapai Rp 12.000 per kilogram atau turun Rp 2.000 dari hari sebelumnya.

Kemudian, harga cabai merah besar mencapai Rp 15.000 per kilogram atau turun Rp 4.000 dari hari sebelumnya. Cabai rawit merah mencapai Rp 24.000 per kilogram atau turun Rp 4.000 dari hari sebelumnya.

Selanjutnya, harga cabai rawit hijau mencapai Rp 13.000 per kilogram atau turun Rp 5.000 dari hari sebelumnya.

Sementara, untuk komoditas bawang merah Rp 26.000 per kilogram, atau turun Rp 1.000 dari hari sebelumnya, dan bawang putih stabil dengan harga Rp 17.000 per kilogram.

Daeng Jalil salah satu pedagang sayur mayur di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan, mengatakan, harga cabai pasca Lebaran saat ini memang tengah alami penurunan akibat turunnya tren pembelian oleh konsumen.

Menurutnya, tren penurunan konsumsi diakibatkan banyaknya pelaku usaha terutama rumah makan ataupun warung yang belum membuka usahanya usai libur Lebaran.

"Ini konsumsinya agak turun, banyak pedagang makanan, dan rumah makan yang belum buka masih mudik, harga di Pasar Induk juga enggak berubah, malahan turun," jelasnya Jalil kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (29/6/2017).

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, harga cabai di tingkat pasar terus alami penurunan akibat produksi di tingkat petani mengalami over supply.

"Dulu, ketika harga cabai mencapai Rp 160.000 per kilogram, kami minta daerah untuk genjot produksi. Sekarang sudah produksi, yang ada malah over supply. Kami harap, pemerintah daerah juga bersedia menambah gudang penyimpanan bahan pangan," jelas Amran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com