Wings Air Ingin "Runway" Bandara Wiriadinata Tasikmalaya Diperpanjang

Kompas.com - 01/07/2017, 14:23 WIB
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Safety Wings Air, Captain Iyus Susanto berharap landasan pacu bandar udara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat diperpanjang.

Hal itu diutarakan Iyus usai acara launching penerbangan perdana Wings Air dari bandar udara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, ke bandar udara Wiriadinata Tasikmalaya.

"Standar bandara sipil terpenuhi makanya kami berani ke sana. Minimum requirement panjang landasan 1140 meter. Itu hanya bisa untuk mendarat dengan penumpang penuh dari sini," kaya Iyus di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/7/2017).

Hanya saja, untuk sebaliknya penerbangan dari bandar udara Wiriadinata Tasikmalaya, ke bandar udara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, tak bisa diisi dengan penumpang penuh.

"Penumpang penuh 72 orang. Kalau dari Tasikmalaya hanya bisa 54 orang penumpang saja. Jadi landing aman, tapi untuk kebutuhan take off butuh landasan lebih panjang," ujar dia.

Iyus menambahkan, ke depan jika prospeknya bagus. Volume penerbangan dari Jakarta ke Tasikmalaya dan sebalilnya akan bisa ditambah.

"Sekarang sehari sekali pulang-pergi. Kalau bagus kemungkinan bisa ditambah. Tapi tergantung slot penerbangan di sini. Kalau dari sisi komersil oke ya kita ajukan lagi slotnya 2 kali sehari," kata dia.

Diketahui, untuk memperluas akses destinasi penerbangan dan memperkuat konektivitas. Wings Air membuka rute baru ke sejumlah wilayah di Tanah Air dengan 1 kali penerbangan per harinya.

Mulai awal bulan ini (1/7/2017), Wings Air misalnya akan melayani beberapa rute penerbangan baru dengan pesawat ATR 72-500/600. Misalnya, penerbangan dari bandar udara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, ke bandar udara Wiriadinata Tasikmalaya.

Penerbangan pertama ke Tasikmalaya dilakukan hari ini pukul 10.35 WIB. Untuk penerbangan rute Halim Perdanakusuma Tasikmalaya harga tiket mulai dari Rp 374.000. Namun saat ini, penerbangan masih dibatasi karena faktor alam, dan lainnya demi keselamatan penerbangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.