Kompas.com - 03/07/2017, 15:51 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Dok Bank IndonesiaGubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Inflasi indeks harga konsumen (IHK) pada Juni 2017 tercatat sebesar 0,69 persen secara bulanan (mtm).

Bank Indonesia (BI) menyatakan, capaian inflasi ini sejalan dengan perkiraan dan survei yang telah dilakukan.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menuturkan, berdasarkan survei pemantauan harga (SPH) yang dilakukan bank sentral hingga pekan ketiga Juni 2017, inflasi IHK mencapai 0,5 persen.

Agus menyatakan, ada beberapa komponen yang dipantau menjadi sumber penyebab inflasi.

"Ada beberapa sumber, dari listrik, tarnsportasi udara, transportasi antar kota, dan sedikit volatile food (harga pangan yang bergejolak), misal daging ayam dan daging sapi," jelas Agus di kantornya di Jakarta, Senin (3/7/2017).

Meskipun demikian, komoditas-komoditas yang biasa menyumbang inflasi pada bulan Juni 2017 malah mengalami deflasi. Komoditas ini antara lain cabai merah dan bawang putih.

"Kalau (inflasi Juni 2017) itu 0,69 persen itu pencapaian yang cukup baik. Diupayakan sampai akhir tahun inflasi pada kisaran 4 plus minus 1 persen," tutur Agus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan perkembangan tersebut, maka inflasi IHK secara tahunan mencapai 4,37 persen (yoy).

Meskipun masih dalam kisaran target yang dipatok BI, yakni 4 plus minus 1 persen, namun angka tersebut sudah termasuk cukup tinggi.

Oleh karena itu, imbuh Agus, bank sentral mewaspadai hal ini. Bank sentral dan pemerintah, kata dia, akan berkoordinasi untuk menjaga inflasi agar sesuai dengan target hingga akhir tahun ini.

"Tanggal 27 Juli 2017 akan ada rapat koordinasi nasional yang dipimpin Bapak Presiden untuk meyakinkan seluruh Indonesia, baik pusat dan daerah akan berkoordinasi menjaga inflasi agar sesuai target," jelas Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.