Dollar AS Menguat, BI Yakinkan Kondisi Rupiah Aman

Kompas.com - 04/07/2017, 15:22 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar dollar AS mengalami penguatan selama dua hari terakhir. Penguatan ini didorong oleh kuatnya data manufaktur di AS yang lebih baik dibandingkan prediksi.

Bloomberg mewartakan, Selasa (4/7/2017), nilai tukar dollar AS menguat 0,5 persen pada Senin (3/7/2017) waktu setempat. Adapun pada Selasa, perdagangan di AS tutup karena peringatan Hari Kemerdekaan.

Menanggapi penguatan dollar AS ini, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan pihaknya memantau penguatan nilai tukar dollar AS. Selain itu, indeks investasi di AS juga hasilnya jauh lebih baik dari proyeksi.

"Akibatnya dollar AS menguat, jadi membuat pelemahan mata uang negara lain termasuk Indonesia," ujar Agus di Jakarta, Selasa siang.

Meskipun demikian, bank sentral memandang kondisi ini sebagai siklus yang normal dan kondisi pergerakan nilai tukar rupiah masih baik. Artinya, dampak penguatan dollar AS terhadap nilai tukar rupiah tidak terlalu mengkhawatirkan.

Agus menyatakan, pihaknya saat ini lebih fokus pada perkembangan suku bunga AS Fed Fund Rate (FFR) yang masih akan naik. Jika investasi di AS lebih baik dari proyeksi, maka pasar lebih yakin FFR akan naik.

Di samping itu, hal lain yang diantisipasi adalah rencana pengurangan neraca atau balance sheet The Fed. Kalau semua itu terjadi, maka dampaknya akan menyebar ke seluruh mata uang dunia, tidak terkecuali rupiah.

"Kita juga melihat banyak yang memperkirakan harga komoditas yang membaik itu mungkin ada koreksi. Kalau seandainya harga komoditas tidak membaik dan ada pelemahan kembali, tentu akan ada dampak," ungkap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.