Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Urbanisasi, Pemerintah Siapkan Sarana dan Prasana di Ibu Kota

Kompas.com - 04/07/2017, 17:04 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono angkat bicara soal fenomena urbanisasi ke Jakarta yang kerap terjadi pasca-Lebaran.

Adanya urbanisasasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota itu membuat pemerintah mau tidak mau harus menyiapkan berbagai sarana dan prasana serta kebutuhan penunjang lainnya bagi kaum urban.

"Urbanisasi butuh pelayanan yang lebih. Air minum kita siapkan, perumahan kita siapkan. Kebutuhan rumah 800 ribu sampai 1 juta pertahun," kata Basuki ketika ditemui di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (4/7/2017).

Menurut Basuki, penyiapan sarana dan prasana itu agar daerah yang menjadi tujuan utama urbanisasi tidak rusak tata ruang kotanya, Jakarta misalnya.

"Urbanisasi program perumahan. Saya harus menyiapkan program perumahan, air minum, tata ruang. Kalau tidak dia (urbanisasi) akan merusak tata ruang," kata dia.

Basuki berujar, program satu juta rumah yang digagas pemerintah pun bisa menjadi solusi masyarakat yang melakukan urbanisasi. Sebab, program itu memang diperuntukkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Kita setiap tahun menunjukkan pembangunan yang bagus. 2015 ada 690.000 rumah. 2016 kemarin 805.000 rumah. Tahun ini naik lagi karena FLPP tambah, anggaran tambah, kemudian APBN tambah Rp9 triliun lebih. Selain itu REI juga membangun," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com