Kompas.com - 04/07/2017, 17:30 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bursa saham Asia melemah pada Selasa (4/7/2017). Pelemahan ini menyusul sinyal ketegangan pasca Korea Utara melepaskan rudal balistik yang mendarat di perairan Jepang.

Mengutip Reuters, bursa saham Eropa juga dibuka melemah. Indeks saham Inggris FTSE 100 dan DAX Jerman dibuka melemah 0,2 persen, serta indeks CAC 40 Perancis melemah 0,3 persen.

Indeks saham Asia Pasifik MSCI non-Jepang juga melemah 0,6 persen setelah sebelumnya menguat. Indeks saham Nikkei Jepang menguat 0,1 persen dan indeks saham KOSPI Korea Selatan melemah 0,6 persen.

Korut melakukan uji rudal balistik jarak menengah hari ini, menurut pejabat AS dan Korsel. Peluncuran rudal ini dilakukan beberapa hari sebelum pertemuan pemimpin negara-negara G20.

Rudal tersebut meluncur sejauh 930 kilometer sebelum mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang. Hal ini diungkapkan pejabat militer Korsel dan pemerintah Jepang. Nilai tukar won Korsel merosot 0,4 persen menjadi 1,151 terhadap dollar AS, sore ini. Sementara itu, nilai tukar yen Jepang menguat 0,4 persen ke 113,02 yen per dollar AS.

"Sejalan dengan kekhawatiran terkait peluncuran rudal balistik, kami melihat penurunan pada pasar Jepang menyebar ke seluruh Asia," ujar Jingyi Pan, strategist di IG Singapura.

Indeks saham Hang Seng Hong Kong mencatat penurunan terbesar, yakni 1,6 persen setelah sebelumnya juga melemah lebih dari 2 persen. Adapun saham-saham bluechip China melemah 0,9 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.