Bangun Kapal Pembangkit Listrik, PT PAL Teken Kerja Sama dengan Karpowership

Kompas.com - 07/07/2017, 19:34 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik dan perator kapal pembangkit listrik terbesar di dunia Karpowership, meneken kesepakatan kerja sama dengan PT PAL untuk pembangunan empat kapal pembangkit listrik Indonesia pertama di galangan kapal Indonesia.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Utama PT PAL Budiman Saleh dan Direktur Utama Karpowership Orhan Remzi Karadeniz, di sela-sela kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Turki.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini disaksikan oleh Menteri Ekonomi Turki Nihat Zeybekci dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (7/7/2017), nota kesepahaman telah ditandatangani oleh PT PAL pada bulan Oktober 2016.

Penandatanganan nota kesepahaman itu merupakan bentuk kerja sama awal dalam mengidentifikasi peluang-peluang kebutuhan listrik di Indonesia dan wilayah sekitarnya.

Dalam keterangan tertulis disebutkan bahwa penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi pembuka jalan bagi kedua pihak untuk bersama membangun, berkolaborasi, transfer teknologi, serta nilai lokal Indonesia dalam pembangunan armadanya.

Melalui perjanjian kerja sama ini, PT PAL akan membangun 4 unit kapal pembangkit listrik Indonesia kelas Mermaid dengan instalasi berkapasitas antara 36 sampai 80 MW untuk pengadaan listrik di berbagai pulau di Indonesia.

Karpowership dapat mempeluas operasinya di Indonesia. Adapun hingga kini, Karpowership telah menginstal listrik sebesar 845 MW di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.