Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Potensi Lokal, Bekraf Gulirkan Program IKKON 2017 di Lima Kota

Kompas.com - 08/07/2017, 13:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggulirkan sebuah program bertajuk Innovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kreatif dalam negeri.

Peluncuran program IKKON 2017 diluncurkan langsung oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf di XXI Djakarta Theatre, Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Triawan menjelaskan, IKKON merupakan program yang menempatkan seseorang atau kelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di Indonesia untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal.

“Kegiatan ini menempatkan para desainer untuk berkolaborasi dengan perajin lokal," ujar Triawan.

Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan Abdur Rohim Boy Berawi menjelaskan bahwa pada pelaksanaan IKKON kali ini akan berlangsung di lima kota yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro,Banjarmasin, Kabupaten Belu dan Toraja Utara.

“Tiap tim akan terdiri dari dua belas orang dengan komposisi terdiri dari berbagai profesi di bidang yakni disain Interior, disain komunikasi visual, fashion, disain produk, disain tekstil, arsitektur," jelasnya.

Selain itu, profesi di bidang non desain seperti antropologi, sosiologi, manajer proyek, business advisor, spesialis media, videografi dan fotografi. Triawan berharap IKKON dapat menumbuhkembangkan perekonomian baru di daerah pedesaan.

“Sebagaimana harapan Presiden RI bahwa ekonomi kreatif harus jadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Hal ini bukan lagi mimpi karena sudah terbukti dan dapat kita lakukan secara bersama-sama," tegas Triawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com