Angkasa Pura II: Angkutan Lebaran di Bandara Tahun Ini Lebih Baik

Kompas.com - 09/07/2017, 11:01 WIB
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini penyelenggaraan angkutan lebaran di seluruh bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) berjalan sukses dan semakin baik.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan secara umum operasional dan pelayanan bandara selama lebaran berjalan normal, lancar, dan nyaman.

"Adanya peningkatan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat tahun ini dibarengi dengan semakin membaiknya performa maskapai," kata Awaluddin dilansir dari laman resmi www.angkasapura2.co.id, Minggu (9/7/2017).

Menurutnya, meskipun terjadi peningkatan signifikan jumlah extra flight, dari 689 extra flight pada lebaran 2016 lalu menjadi 1.639 extra flight pada lebaran tahun 2017 ini.

Namun faktanya, performa maskapai justru sangat membanggakan dilihat dari tingkat ketepatan waktu atau on time performance ()TP) yang mencapai di atas 80 persen.

“AP II berterima kasih kepada maskapai, ground handling, regulator, dan seluruh stakeholder terkait sehingga kita semua dapat mewujudkan pemenuhan OTP yang merupakan salah satu indikator kesuksesan penyelenggaran angkutan lebaran," kata dia.

Dia juga berujar, standar pelayanan selama periode lebaran tahun ini juga meningkat seiring dengan beroperasinya terminal baru di sejumlah bandara AP II seperti di Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung, Bandara Internasional Supadio di Pontianak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Termasuk Terminal 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang baru dioperasikan pertama kali untuk angkutan lebaran pada tahun ini.

"Lalu lintas angkutan lebaran sebesar 60 persennya berada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Terminal 3 memiliki peran penting dalam mensukseskan engkutan lebaran secara keseluruhan,” ujar dia.

Seperti diketahui, pergerakan penumpang pada H-10 sampai H+7 (15 Juni – 3 Juli 2017) di 13 bandara AP II tercatat mencapai 6,13 juta penumpang atau naik 9,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Jumlah penumpang pada arus mudik pada H-10 hingga H1 (15-25 Juni 2017) sebanyak 3,57 juta penumpang dan pada arus balik yaitu H2 hingga H+8 (26 Juni-4 Juli 2017) sebanyak 2,55 juta penumpang. 

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta jumlah pergerakan penumpang pada H-10 sampai H+7 sebanyak 3,60 juta penumpang, di mana pada arus mudik tercatat 2,51 juta dan saat periode arus balik yakni 1,45 juta penumpang.

Arus balik di seluruh bandara AP II termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta diperkirakan tetap akan berlangsung hingga H+20 atau tanggal 16 Juli 2017 sehingga jumlah penumpang juga akan terus bertambah.

(Baca:AP I: Jumlah Penumpang Angkutan Lebaran di 13 Bandara 5,18 Juta Orang)

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.