Qatar Airways Batalkan Pesanan 4 Pesawat Airbus

Kompas.com - 09/07/2017, 11:30 WIB
Gambar diambil pada 5 Juni 2017. Terlihat seorang pria sedang melintas di kantor cabang maskapai Qatar Airways di Riyadh, Arab Saudi.  AFP/FAYEZ NURELDINEGambar diambil pada 5 Juni 2017. Terlihat seorang pria sedang melintas di kantor cabang maskapai Qatar Airways di Riyadh, Arab Saudi.
|
EditorAprillia Ika

PARIS, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Qatar Airways dikabarkan telah membatalkan pemesanan empat unit pesawat Airbus 350-900. Pembatalan ini dilakukan setelah pengiriman tertunda karena masalah pada pemasok.

Mengutip Bloomberg, Minggu (9/7/2017), pembatalan ini telah dikonfirmasi oleh juru bicara Airbus.

Qatar Airways adalah pembeli terbesar untuk pesawat jenis A350, yang sebelumnya memesan 80 unit sebelum pembatalan.

Menurut CEO Qatar Airways, permasalahan pengiriman berasal dari pabrik.

Kontrak pembelian A350 oleh Qatar Airways termasuk klausa untuk memangkas pesanan yang tertunda karena satu dan lain hal, sehingga pesawat tersebut akan direalokasi ke pemesan lainnya.

Qatar Airways memiliki sejarah untuk menolak pesawat yang gagal memenuhi standarnya. Sebelumnya, Al Baker pernah menolak pengiriman pesawat A380, A320neo, dan A350.

Maskapai penerbangan tersebut belum lama ini berada pada peringkat pertama maskapai terbaik di dunia versi Skytrax.

Qatar Airways pun kini tengah mengalami penurunan jumlah penumpang terkait pemutusan hubungan yang dilakukan oleh negara-negara tetangga Qatar.

Pembatalan pesanan pesawat tersebut dipandang tidak akan berpengaruh langsung pada rencana pertumbuhan maskapai.

Qatar Airways saat ini memiliki 19 unit pesawat A350-900 dan tengah memesan 28 unit lagi, termasuk 37 unit pesawat A350-1000 yang ukurannya lebih besar.

Pengiriman pesawat-pesawat ini akan dimulai sebelum akhir tahun 2017 ini. Airbus sendiri menyatakan telah mengirim 64 unit pesawat, termasuk 8 unit A350.

Adapun jumlah pesanan pesawat Airbus per Juni 2017 sudah mencapai 138 pesanan. 

Kompas TV Putus Hubungan Diplomatik, Qatar Airways Tak ke Arab Saudi



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X