Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bikin Trump Iri

Kompas.com - 10/07/2017, 12:00 WIB
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sela-sela forum G20 di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/7/2017). TWITTER/@JokowiPresiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sela-sela forum G20 di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/7/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hamburg, Jerman telah selesai sejak Sabtu (8/7/2017) waktu setempat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam pertemuan tersebut, bersama 19 pemimpin negara dengan penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar lainnya di dunia.

Selama penyelenggaraan KTT G20 tersebut, Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin dunia lainnya.

Topik yang dibahas antara lain kemungkinan dan kesepakatan kerja sama di berbagai bidang, termasuk di bidang ekonomi.

Salah satu pemimpin yang bertemu dengan Jokowi adalah Presiden AS Donald Trump. Dalam kesempatan tersebut, Trump mengungkapkan rasa irinya kepada Indonesia, apa sebab?

(Baca: Trump Ingin Banyak Kerja Sama Perdagangan AS-Indonesia)

 

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menuturkan, adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang membuat Trump Iri.

Sekadar informasi, pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal I 2017 hanya mencapai 1,4 persen. Trump sendiri menargetkan pertumbuhan ekonomi AS dapat mencapai 3 persen ke atas.

Namun, atas berbagai pertimbangan, beberapa di antaranya adalah inflasi, serapan tenaga kerja, dan produktivitas industri, kalangan ekonom memandang pertumbuhan ekonomi sebesar 2 persen adalah angka realistis bagi AS.

"Indonesia dianggap sebagai negara yang performing well (berkinerja baik). Tadi Presiden Trump mengatakan, 'wow 5 persen, kita envy (iri)'," ujar Sri dalam konferensi pers di Hamburg seperti dilansir dari laman Sekretariat Kabinet RI, Senin (10/7/2017).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X