Bank Mantap Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun

Kompas.com - 12/07/2017, 13:58 WIB
Ilustrasi uang digital EngadgetIlustrasi uang digital
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) menerbitkan obligasi atau surat utang jangka panjang senilai Rp 2 triliun. Obligasi ini dicatatkan di Bursa Efek Indonesia, Rabu (12/7/2017).

Adapun obligasi yang telah mendapat peringkat AA (idn) dari Fitch Rating yakni Seri A yang memiliki nilai emisi Rp 1,5 triliun dengan tingkat bunga tetap 8,5 persen per tahun dan jangka waktu 3 tahun.

Sedangkan Seri B memiliki nilai emisi Rp 500 miliar dengan tingkat bunga tetap 8,75 persen dan jangka waktu 5 tahun.

Ada empat perusahaan penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, BCA Sekuritas, Danareksa Sekuritas, dan Bahana Sekuritas.

Direktur Utama Bank Mantap Josephus K Triprakoso mengatakan penerbitan obligasi perdana Bank Mantap akan digunakan untuk penyaluran kredit tahun 2017.

Selain itu, dia menjelaskan, Bank Mantap membutuhkan obligasi di pasar modal, karena pertumbuhan kredit yang ekspansif.

Hal itu ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit pada kuartal II 2017 secara tahunan tumbuh sebesar 174,4 persen pada Juni 2017 menjadi Rp 7,54 triliun dari Rp 2,74 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari pencapaian itu, kata dia, dapat menopang pertumbuhan aset perseroan sebesar Rp 9,79 triliun atau tumbuh 136,39 persen dibanding periode sama tahun lalu.

"Pencapaian ini tidak lepas karena dukungan kepada pelaku UMKM dan pensiunan TNI/Polri yang bertujuan memperkuat kemandirian nasional," kata Josephus, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu.

Bank Mantap telah menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp 5,6 triliun atau tumbuh 211,5 persen (yoy). Kredit ini telah disalurkan untuk pembiayaan kredit retail Rp 1,1 triliun dan kredit mikro sebesar Rp 1,19 triliun.

Perseroan, lanjut dia, juga menyalurkan kredit bisnis pada segmen pensiunan mencapai 552,1 persen menjadi Rp 5,22 triliun pada akhir Juni 2017.

Atas penyaluran kredit dan akuisisi nasabah pensiunan dan pelaku UMKM, Bank Mantap membukukan laba sebesar Rp 67,51 miliar pada akhir Juni 2017. Jumlah ini meningkat 178 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya.

"Peningkatan laba ini juga didorong dari efisiensi operasional yang telah dilakukan, sehingga rasio atas pendapatan dapat ditekan menjadi 65,90 persen pada bulan Juni 2017. Angka ini turun -7,23 persen dari tahun 2016 sebesar 73,12 persen," kata Josephus.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X