Imbas Blokade, 4.000 Sapi Diterbangkan ke Qatar

Kompas.com - 12/07/2017, 14:37 WIB
Kota Doha, Qatar. WikipediaKota Doha, Qatar.
|
EditorAprillia Ika

DOHA, KOMPAS.com - Sebanyak 4.000 ekor sapi perah diterbangkan ke Qatar dari Jerman. Ini adalah upaya Qatar untuk meningkatkan pasokan susu sejalan dengan adanya blokade yang dilakukan beberapa negara tetangga Qatar, dipimpin oleh Arab Saudi.

Mengutip BBC, Rabu (12/7/2017), 165 ekor sapi perah jenis Holstein telah tiba dari Jerman. Ini adalah gelombang pertama pengiriman impor 4.000 ekor sapi yang direncanakan.

Larangan melintas wilayah udara, darat, dan laut bagi Qatar telah menimbulkan gejolak tersendiri bagi negara kaya gas bumi tersebut.

Pasalnya, Qatar bergantung pada impor untuk memehuhi kebutuhan sehari-hari 2,7 juta warganya.

Blokade tersebut semakin diperketat setelah Qatar menolak permintaan beberapa negara yang dipimpin Arab Saudi.

Adapun sapi-sapi itu didatangkan dengan menggunakan pesawat kargo Qataf Airways melalui Budapest, Hungaria, pada Selasa (11/7/2017).

Kemudian, sapi-sapi tersebut diangkut ke peternakan baru yang sengaja dibuat. Perusahaan asal Qatar, Power International adalah pihak yang membeli ribuan ekor sapi tersebut.

Pimpinan Power International Moutaz al-Khayyat bulan lalu menyatakan, begitu seluruh pesanan sapi telah tiba, maka akan memenuhi 30 persen kebutuhan produk hewani Qatar.

Sudah lima pekan sejak Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan Uni Emirat Arab mulai memboikot Qatar. Alasannya adalah Qatar dituduh mendukung kelompok terorisme dan terkait dengan Iran.

Akan tetapi, Qatar menyangkal semua tuduhan tersebut. Sebelum ada blokade, sebagian besar produk pangan, termasuk produk hewani yang dijual di Qatar diimpor melalui jalur darat melintasi Arab Saudi.

Qatar pun kini tengah berupaya menciptakan rute perdagangan baru dan pemasok produk pangan, termasuk impor yogurt dari Turki dan produk makanan kering dari Maroko dan Iran. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X