Dijamin PT PII, Proyek Air Minum Umbulan Mulai Konstruksi

Kompas.com - 20/07/2017, 21:56 WIB
Ilustrasi air bersih. ShutterstockIlustrasi air bersih.
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Pasuruan, Jawa Timur akhirnya memasuki tahap kontruksi setelah peletakan batu pertama oleh Wapres Jusuf Kalla.

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) menyebut, fasilitas pengolahan air minum senilai Rp 2,05 triliun ini merupakan proyek daerah pertama yang dibiayai oleh swasta.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2015 tentang Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam Penyediaan Infrastruktur dan Permendagi Nomor 96 tahun 2016 tentang Kerjasama Pemerintah Daerah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur, proyek yang dibiayai dengan skema KPBU wajib mendapatkan penjaminan dari PT PII.

"PT PII sebagai single window policy penyediaan penjaminan pemerintah telah memberikan penjaminan sekaligus paduan kepada Pemerintah Daerah untuk bekerjasama dengan pihak swasta," ujar Direktur Utama PT PII Sinthya Roesly melalui keterangan resmi, Kamis (20/7/2017).

Sinthya menambahkan, proyek tersebut merupakan salah satu dari 13 proyek infrastruktur skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang telah diberikan penjaminan pemerintah melalui PT PII.

"Setelah penandatanganan Perjanjian Penjaminan, Perjanjian Regres, dan Financial Close pada tahun 2016 lalu, akhirnya proyek yang telah 40 tahun direncanakan ini bisa dieksekusi," ungkapnya.

Ia mengatakan proyek ditargetkan selesai dan mulai beroperasi pertengahan 2019. SPAM Umbulan direncanakan mampu memproduksi air minum sebanyak 4.000 liter per detik dengan air baku berasal dari Mata Air Umbulan.

Air hasil olahan dari Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, ini akan disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 kilometer. Air minum tersebut akan dikelola Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Pemprov Jawa Timur untuk kemudian disalurkan ke 5 PDAM kabupaten dan kota yaitu Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan.

Proyek SPAM Umbulan ini juga dikategorikan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tercantum dalam Peraturan Presiden No 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X