Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Turun, Pemerintah Perluas Akses Pasar

Kompas.com - 20/07/2017, 23:04 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Juni 2017, Indonesia memang mencatat surplus perdagangan sebanyak 1,63 miliar dollar AS, dengan total ekspor 11,64 miliar dollar AS dan impor 10,01 miliar dollar AS. 

Namun, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengingatkan bahwa nilai ekspor sebenarnya turun. Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah membuka pasar ekspor ke berbagai negara.

”Dengan Srilanka kami akan segera menindaklanjuti kesepakatan antara kedua kepala negara untuk menyusun Preferential Trade Agreement (PTA). Dengan Turki juga kami lakukan hal yang sama, lalu dengan Afrika segera ditindaklanjuti, juga berbagai negara lainnya,” tutur Mendag melalui keterangan resmi, Kamis (20/7/2017).

Mendag berharap, melalui diversifikasi pasar ekspor, kinerja ekspor bisa meningkat kembali.

Sementara itu, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance Ahmad Heri Firdaus menilai langkah yang diambil oleh pemerintah merupakan langkah yang baik.

Namun upaya tersebut perlu didukung dengan promosi produk, dukungan biaya logistik, dan juga transportasi yang mendukung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com